PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 RAMAN ENDRA

RINTA GUSTIN HAPSARI, 1543053002 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 RAMAN ENDRA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3202Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2782Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan menerapkan model pembelajaran ICARE, untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif sebesar 18,5 %, dan peningkatan aktivitas pembelajaran menggunakan model ICARE sebesar 31%. Perhitungan uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana diperoleh data rhitung> rtabel atau 0,575 > 0,443 (dengan α = 0,05), artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD Negeri 2 Raman Endra. Kata kunci: berpikir kreatif, model pembelajaran, pembelajaran icare Abstract: The Effect of Icare Learning Model Creative Thinking Ability Students Class V The problem in this study is the low ability of students to think creatively. This study aims to determine the positive and significant influence on the ICARE learning model on the ability to think creatively. This type of research is experimental research, by applying the ICARE learning model, to determine the ability of creative thinking and student activities. The results showed an increase in creative thinking skills by 18.5%, and an increase in learning activities using the ICARE model by 31%. Hypothesis test calculations using the sample t-test formula obtained data t count> t table or 2.82> 2.024 (with α = 0.05), meaning that there is a positive and significant influence on the ICARE learning model on the creative thinking ability of students in class V SD Negeri 2 Raman Endra. Keywords: creative thinking, icare learning, learning model

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:04
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59701

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir