UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SDN 4 LABUHAN RATU KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN. 2018/2019

SISKA DEWI APRIANINGSIH, 1113069089 (2019) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SDN 4 LABUHAN RATU KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN. 2018/2019. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1789Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1507Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 4 Labuhan Ratu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, kinerja guru, dan hasil belajar siswa melalui metode Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 4 Labuhan Ratu TP. 2018/2019. Penelitian ini dilakukan berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data berupa lembar penilaian aktivitas guru dan siswa serta lembar evaluasi belajar. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes yang dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 68,42% dengan kategori cukup dan pada siklus II menjadi 76% dengan kategori baik. Lalu persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 56,1% dengan kategori cukup dan pada siklus II menjadi 67,6% dengan kategori baik. Sementara persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 13 orang (52%), pada siklus II terdapat 17 orang (68%). . Kata kunci:aktivitas, hasil belajar IPS, metode Numbered Head Together (NHT)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:48
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59726

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir