IMPLEMENTASI METODE REMUE-MÉNINGES DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS BAGI SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 PADA MASA PANDEMI COVID-19

MONICA DESTIANA MEGA, 1713044015 (2022) IMPLEMENTASI METODE REMUE-MÉNINGES DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS BAGI SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 PADA MASA PANDEMI COVID-19. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK - RESUME.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi metode remue-méninges pada keterampilan berbicara bahasa Prancis kelas XI SMAN 9 Bandar Lampung dalam pembelajaran jarak jauh agar siswa dapat memahami proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan konsep One Group Pretest and Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan total 16 siswa. Selanjutnya, data penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, N-Gain dan uji-t. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji hipotesis dengan uji-t. Nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen sebesar 57,5 dan nilai posttest sebesar 88,3. Berdasarkan hasil uji N-Gain terhadap nilai pretest dan posttest, metode remue-méninges lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Uji-t menunjukkan bahwa nilai t-test sebesar 0,000<0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar keterampilan berbicara pada kelas eksperimen karena metode remue-méninges dapat: 1) melatih siswa berpikir dengan logis dalam mengemukakan ide dan pendapat, 2) meningkatkan partisipasi siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar, 3) memungkinkan siswa lebih cepat memahami materi pembelajaran dan 4) menciptakan suasana pembelajaran yang lebih hidup. Kata Kunci : Keterampilan berbicara, remue-méninges

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 440 Bahasa Prancis dan bahasa Roman yang berkaitan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa Prancis
Pengguna Deposit: 2203448422 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:33
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 04:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59832

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir