PENGARUH PENERAPAN SUPLEMEN BUKU SISWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA

DENI KURNIAWAN, 1313022013 (2019) PENGARUH PENERAPAN SUPLEMEN BUKU SISWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3379Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3082Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan suplemen buku siswa berbasis scientific approach terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah pada materi dinamika gerak. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan siswa kelas X IPA 2 SMAN 15 Bandarlampung, di mana siswa kelas X IPA 1 berjumlah 35 orang dan siswa kelas X IPA 2 berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian pretest-posttest control group design. Data yang didapat kemudian diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sampel t-test, dan analisis effect size Cohen’s D. Rata-rata N-gain hasil belajar pada kelas eksperimen 0,75 dan kelas kontrol 0,62. Rata-rata N-gain sikap ilmiah pada kelas eksperimen 0,32 dan kelas kontrol 0,23. Hasil uji beda N-gain hasil belajar menunjukkan nilai sig. (2-tailed) dengan nilai kurang dari 0,05 yaitu 0,001, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan suplemen buku berbasis scientific approach terhadap hasil belajar. Hasil uji beda N-gain sikap ilmiah siswa menunjukkan nilai sig. (2-tailed) dengan nilai kurang dari 0,05 yaitu 0,000, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan suplemen buku berbasis scientific approach terhadap sikap ilmiah siswa. Nilai effect size hasil belajar ialah 0,88 dan sikap ilmiah ialah 1,34. Berdasarkan nilai rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen yang lebih tiggi dari kelas kontrol dan effect size yang diperoleh, maka suplemen buku siswa berbasis scientific approach dapat digunakan untuk membantu meningkatkan hasil belajar sikap ilmiah siswa. Kata Kunci: Suplemen Buku Siswa, Scientific Approach, Hasil Belajar, Sikap Ilmiah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: UPT . Digilib9
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:05
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 04:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59867

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir