PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 BENGKUNAT TAHUN AJARAN 2018/2019

SUSI SUSANTI, 1513033048 (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 BENGKUNAT TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1521Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1320Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan penulis untuk melihat apakah ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan dua model pembelajaran yang berbeda yang diterapkan di kelas yang dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tipe team games tournament dan student team achievement devision. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada perbedaan hasil belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dan student team achievement devision pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Bengkunat. Tujuannya yaitu untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dan student team achievement devision pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Bengkunat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 1 Bengkunat tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel dengan kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang diterapkan model pembelajaran TGT dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang diterapkan model pembelajaran STAD. Teknik analisis data metode statistik menggunakan uji-t sampel independent. Berdasarkan hasil uji analisis data dengan menggunakan rumus statistik uji-t diperoleh hasil thitung = 2,753 sedangkan ttabel = 1,671 yang berarti thitung > ttabel maka ho ditolak dan hi diterima dengan artian terdapat perbedaan hasil belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tgt dan stad pada siswa Kelas X IPS SMAN 1 Bengkunat. Kata Kunci : Perbandingan, TGT, STAD, Hasil Belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial, sosiologi & antropologi > 370 Pendidikan
900 Sejarah
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 2018082567 . Digilib
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:42
Last Modified: 04 Dec 2019 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59901

Actions (login required)

View Item View Item