STUDI KOMPARASI RESPON DINAMIK ANTARA TLP PONTON BERTELAPAK LINGKARAN DENGAN TLP PONTON BERTELAPAK PERSEGI PADA ARAH GELOMBANG SURGE

DWI FAJRI KEMALA INTAN, 1615021003 (2022) STUDI KOMPARASI RESPON DINAMIK ANTARA TLP PONTON BERTELAPAK LINGKARAN DENGAN TLP PONTON BERTELAPAK PERSEGI PADA ARAH GELOMBANG SURGE. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (20Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN..pdf

Download (14Mb) | Preview

Abstrak

Tension leg platform (TLP) adalah salah satu compliant structures yang efektif untuk perairan dalam, dengan ciri khasnya tendon yang bertegangan tarik. Salah satu penilaian kelayakan struktur TLP adalah perilaku dinamisnya terhadap beban lingkungan, terutama beban gelombang. Skripsi ini membandingkan antara dua TLP dengan konfigurasi telapak kaki yang berbeda, bertelapak kaki lingkaran (TLP Lingkaran) dan yang lainnya adalah bertelapak kaki persegi (TLP Persegi) dengan volume dan beban yang sama. Karena berada pada aliran transisi gelombang horizontal (surge), maka digunakan pendekatan teori getaran metode ayunan bandul pada struktur TLP. Data hasil yang didapatkan dengan metode eksperiment menggunakan bantuan sensor ultrasonic dan video tracker sedangkan untuk data hasil yang didapatkan dengan metode analitikal menggunakan bantuan software Matlab. Analisis respon dinamik dari struktur disajikan dalam bentuk kurva displacement terhadap waktu. Hasil perbandingan respon dan beban gelombang dengan menggunakan dua metode tersebut memiliki hasil yang mendekati, yakni dibawah 5%. Hasil perbandingan respon pada kedua TLP menimbulkan perbedaan yang signifikan pada nilai displacement untuk arah gangguan surge dan yaw. Kata Kunci — analitik, eksperimen, displacement, TLP ponton bertelapak lingkaran, TLP ponton bertelapak persegi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: 2203628522 . Digilib
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:35
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59945

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir