PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 2 KEMALO ABUNG

INDAH BUDIARTI, 1753053020 (2022) PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 2 KEMALO ABUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah media yang digunakan kurang menarik yang mengakibatkam rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Kemalo Abung, Kecamatan Abung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil empiris tentang pengaruh video animasi terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan teknik one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III A dan III B yang masing-masing terdiri dari 20 orang peserta didik sehingga populasi berjumlah 40 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil perhitungan uji hipotesis 1 dan 2 dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh F_hitung > F_tabel yaitu 4,87 > 4,41 untuk motivasi belajar dan 4,60 > 4,41 untuk hasil belajar dengan koefisien korelasi (r) 0,995 dan koefisien determinasi. (r^2) 99% untuk motivasi belajar dan koefisien korelasi (r) 0,994 koefisien determinasi (r^2) 98,8% untuk hasil belajar. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh video animasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Kemalo Abung. Kata kunci: Hasil belajar, media video animasi, motivasi belajar. The problem in this study was that the media used is less attractive which results in low motivation and learning outcomes of the students. This research was conducted at SD Negeri 2 Kemalo Abung, South Abung District. The purpose of this study was to obtain empirical results about the effect of animated videos on students motivation and learning outcomes. This research is an experimental research using one group pretest posttest design technique. The population in this study is class III-A and III-B, each of which consists of 20 students, so the population in this research are 40 students. The data collection techniques are in a form of observation, tests, and documentation. Data analysis used a simple linear regression formula. The results of calculation on hypothesis testing 1 and 2 using significance level of 0,05 were obtained Fcount > Ftable, that is 4,87 > 4,41 for learning motivation and 4,60 > 4,41 for learning outcomes with a correlation coefficient (r) of 0,995 and a coefficient of determination (r^2) 99% for learning motivation and correlation coefficient (r) 0,994 coefficient of determination (r^2) 98,8% for learning outcomes. This Ho is rejected and Ha is accepted, which means that the results of this research indicate the effect of animated videos towards motivation and learning outcomes of third grade students at SD Negeri 2 Kemalo Abung. Key words: Animated video media, learning motivation, learning outcomes.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2203852442 . Digilib
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:38
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 06:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59949

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir