EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

I Komang Edo Brelian Paradigma, 1753023004 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (438Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (16Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (12Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis inquiry social complexity (ISC) menggunakan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Seputih Banyak. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Pada penelitian ini digunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Efektivitas pembelajaran berbasis inquiry social complexity (ISC) menggunakan multimedia interaktif untuk meningkatkan ke-mampuan berpikir kritis siswa diukur dari perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan rata-rata nilai n-Gain kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen dengan pembelajaran ber-basis inquiry social complexity (ISC) menggunakan multimedia interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai n-Gain kemampuan berpikir kritis siswa di kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran konvensional. Ukuran pengaruh dihitung menggunakan effect size. Hasil uji effect size me-nunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran berbasis inquiry social complexity (ISC) menggunakan multimedia interaktif lebih tinggi dibandingkan pengaruh pem-belajaran konvensional. Berdasarkan hasil yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis inquiry social complexity (ISC) menggunakan multimedia interaktif berpengaruh besar dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: efektivitas, inquiry social complexity (ISC), multimedia interaktif, kemampuan berpikir kritis, larutan elektrolit dan non elektrolit.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2203463194 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:08
Terakhir diubah: 20 Apr 2022 02:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60042

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir