Cici Nur Azizah, 1923053005 (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Cici.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN - Cici_2.pdf Restricted to Hanya staf Download (1670Kb) |
||
|
File PDF
TESIS_CICINURAZIZAH TANPA LAMPIRAN - Cici.pdf Download (1567Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan produk LKPD berbasis PBL yang layak dan mendeskripsikan efektivitas produk LKPD berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis menggunakan uji n-gain dan t-test. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 4 Candimas yang terdiri dari 33 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) yang dilakukan mengacu pada model desain Borg & Gall. Hasil penelitian ini mengikuti hasil uji kelayakan pengembangan mendapatkan hasil > 86, sehingga dapat dikategorikan sangat baik. Pada hasil perhitungan Gain menunjukan hasil 64,67% dengan kategori cukup efektif, selanjutnya nilai uji-t, nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga sebagai dasar pengambilan keputusan dalam independent sample t- test, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan LKPD berbasis PBL efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: LKPD, PBL, Kemampuan Berpikir Kritis, layak, efektif The objective of the study is research and development a PBL-based worksheet product that is feasible to improve critical thinking skills and determine the effectiveness of PBL-based worksheet products in enhancing critical thinking skills using Ngain and T-test . The research was conducted in the fifth grade of SD Negeri 4 Candimas consisting of 33 students. The type of study used Research and Development (R&D) carried out referring to the Borg & Gall design model. The results of this study were following the results of the development feasibility test to get results > 86, so it can be categorized as very good. The results of the Gain calculation show the results of 64.67% with a fairly effective category, then in the t-test Value, the Value of Sig. (2-tailed) of 0.000 <0.05, so as the basis for decision making in the independent sample t-test, it can be concluded that H0 was rejected and H1 was accepted. Thus, it is concluded that the implementation of PBL-based worksheet is effectively used to improve students' critical thinking skills. Keywords: Worksheet, PBL, Critical Thinking Skill, feasible, effective
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 03:05 |
Terakhir diubah: | 20 Apr 2022 03:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60071 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |