PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS RAJABASA INDAH BANDAR LAMPUNG

Bambang Jatmiko, 0811011031 (2014) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS RAJABASA INDAH BANDAR LAMPUNG. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (221Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (369Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (355Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (279Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (382Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (219Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (352Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah pelayanan kesehatan yang peduli dan terpusat pada kebutuhan, harapan, serta niai-nilai pelanggan sebagai titik tolak penyediaan pelayanan kesehatan dan menjadi persyaratan yang harus dapat dipenuhi agar dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan. Masyarakat berharap untuk mendapatkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan dilaksanakan secara bertanggung jawab, aman, bermutu, serta merata dan non-diskriminatif, sehingga hak-hak pasien sebagai penerima pelayanan kesehatan tersebut dapat terlindungi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Objek penelitian ini adalah pasien yang sedang mengunjungi Puskesmas dan pasien yang pernah berkujung ke Puskesmas Rajabasa Indah di Bandar Lampung. Untuk mengetahui apakah faktor kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien digunakan analisis regresi linier berganda. Untuk menguji hipotesis digunakan uji F dan untuk melihat kontribusi setiap variabel bebas secara parsial digunakan uji t. Hasil uji F didapatkan Fhitung (29,741) lebih besar dari Ftabel (2,311) artinya variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sehingga hipotesis pada penelitian ini yang didasarkan pada penelitian terdahulu diterima. Koefisian R. Square sebesar 0.613 menunjukkan variasi variabel bebas dapat menjelaskan 61,3% terhadap variabel terikat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada Pusekesmas Rajabasa Indah Bandar Lampung. Variabel bukti langsung mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan kontribusi yang lebih besar dibandingkan variabel yang lain, yaitu dengan hasil perhitungan uji t diperoleh skor t hitung 5.971 dan nilai signifikansi (.000) α < 5% . Saran pada penelitian ini, Puskesmas Rajabasa Indah harus meningkatkan pelayananannya pada aspek bukti langsung, kehandalan, jaminan, daya tanggap, dan empati karena terbukti memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: 5233120 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2014 03:12
Last Modified: 23 Dec 2014 03:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6023

Actions (login required)

View Item View Item