PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD N 3 LANGKAPURA

RIKA TIARA SARI, 1413953110 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD N 3 LANGKAPURA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - AN.pdf

Download (481Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - AN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2841Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - AN.pdf

Download (2764Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik SD Negeri 3 Langkapura. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 3 Langkapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri 3 Langkapura dengan jumlah 70 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan non propability sampling yaitu peserta didik kelas IV A dan IV C. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukan pengaruh yang signifikan sebesar 29,824 lebih besar dari yaitu 4,30 (29,824>4,30) dalam penerapan model pembelajaran inquiry terdapat hasil belajar tematik pada peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Langkapura Bandar Lampung. Kata kunci: belajar, hasil belajar, pengaruh, inkuiri dan tematik. The problem of the research was the student’s learning outcome of thematic learning is still low. The purpose of this research was to determine the effect of inquiry learning model to the student’s learning outcome of thematic learning in grade IV of SD N 3 Langkapura. The type of research was experimental research with the method of experimental quasi. This research design used nonequivalent control group design. The population consisted of 70 students. The sampling technique used non probability sampling is the student of grade IV A dan IV C. The data collection used test technique and non test. The data analysis used a simple linear regression formula. The analysis result showed a significant effect of 29,824 greater than of 4,30 (29,824>4,30) in the application of inquriy learning model to the learning outcome of thematic learning in grade IV of SD N 3 Langkapura Keywords: learning , learning outcomes, effect, inquiry and thematic

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:12
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60254

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir