NILAI EIGEN DAN VEKTOR EIGEN PADA ALJABAR MAX-PLUS (Studi Kasus: Aplikasi Petri Net dan Aljabar Max-Plus pada Proses Pengajuan Kredit Nasabah Bank Perkreditan Rakyat Lambang Ganda Serang)

MEGAWATI OCTAVIA, 1857031004 (2022) NILAI EIGEN DAN VEKTOR EIGEN PADA ALJABAR MAX-PLUS (Studi Kasus: Aplikasi Petri Net dan Aljabar Max-Plus pada Proses Pengajuan Kredit Nasabah Bank Perkreditan Rakyat Lambang Ganda Serang). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3829Kb) | Preview

Abstrak

Antrian merupakan suatu kondisi yang terjadi karena adanya keterlambatan dalam pelayanan. Untuk mengatasi permasalahan dalam antrian salah satunya dapat digunakan Petri Net dan Aljabar Max-Plus. Pada penelitian ini, dianalisis tentang hubungan nilai eigen dan vektor eigen pada Aljabar Max-Plus dari suatu matriks dan diaplikasikan model Petri Net dan Aljabar Max-Plus dari proses pengajuan kredit nasabah Bank Perkreditan Rakyat Lambang Ganda Serang. Hasil penelitian ini menunjukkan matriks pada dapat direpresentasikan dalam bentuk graf yaitu graf precedence. Graf precedence merupakan graf terhubung kuat jika matriks bersifat tak tereduksi (irreducible). Model Petri Net pada proses pengajuan kredit nasabah bank terdiri atas 12 tempat dan 8 transisi, 5 operator, 22 busur. Dengan menggunakan model Aljabar Max-Plus diperoleh nasabah bank yang melengkapi berkas persyaratan lebih cepat selesai dengan membutuhkan waktu 140 menit atau 2 jam 20 menit, sedangkan nasabah bank yang belum melengkapi berkas persyaratan membutuhkan waktu 190 menit atau 3 jam 10 menit.Studi kasus pada proses pengajuan kredit nasabah Bank Perkreditan Rakyat Lambang Ganda Serang didapat matriks backward incidence. Dengan menggunakan dummy pada matriks backward incidence, diperoleh nilai eigen dan vektor eigen. Graf precedence dari matriks backward incidence merupakan graf terhubung kuat karena matriksnya bersifat irreducible. Kata kunci: Petri Net, Aljabar Max-Plus, Graf Precedence, Nilai Eigen, Vektor Eigen.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: 2203396988 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:09
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60325

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir