HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN NILAI PROJECT PADA BLOK ELEKTIF BIOLOGI MOLEKULAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021-2022

FIKA NURHARDITA, 1818011031 (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN NILAI PROJECT PADA BLOK ELEKTIF BIOLOGI MOLEKULAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021-2022. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (2646Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (986Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2647Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Project-based learning merupakan pembelajaran yang menerapkan ide-ide mahasiswa melalui aktivitas. Dalam menerapkan Projectbased Learning diperlukan motivasi. Mahasiswa yang termotivasi akan mempunyai pemahaman serta fokus yang lebih mendalam terhadap konten pembelajaran dibandingkan mahasiswa yang kurang termotivasi. Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan motivasi belajar mahasiswa dengan nilai project pada Blok Elektif Biologi Molekular di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun Ajaran 2021-2022. Metode penelitian: Pada Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitik dengan pendeketan studi potong lintang. Sampel penelitian ini adalah 27 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Instrument yang digunakan untuk mengukur tingkat motivasi belajar adalah lembar kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Penelitian ini juga menggunakan data sekunder berupa nilai project Blok Elektif Biologi Molekular. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 orang mahasiswa, terdapat 24 (88,9%) mahasiswa motivasi tinggi dengan rerata nilai project 77,45 dan terdapat 3 (11,1%) mahasiswa motivasi sedang dengan rerata nilai project 71,33. Data secara statistik diuji dengan uji Mann-Whitney dan didapatkan nilai p 0,005. Simpulan: Terdapat hubungan antara motivasi belajar mahasiswa dengan nilai project pada Blok Elektif Biologi Molekular di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun Ajaran 2021-2022. Mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi mendapatkan nilai project lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki motivasi belajar sedang. Kata Kunci: blok elektif biologi molekular, motivasi belajar, project

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2203553575 . Digilib
Date Deposited: 22 Apr 2022 07:15
Terakhir diubah: 22 Apr 2022 07:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60388

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir