ANALISIS PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM VIDEO WAWANCARA EMMANUEL MACRON DAN IMPLIKASINYA PADA KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS

FAHIMAH ANDINI, 1613044016 (2022) ANALISIS PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM VIDEO WAWANCARA EMMANUEL MACRON DAN IMPLIKASINYA PADA KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (342Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2250Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1776Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk dan faktor pelanggaran prinsip kerja sama Grice yang dilakukan oleh para tokoh dalam video yang berjudul 14 juillet : Je Réponds Aux Questions de Léa Salamé et de Gilles Bouleau. Teori prinsip kerja sama Grice merumuskan sebuah pola yang dituangkan ke dalam empat maksim, yaitu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim hubungan, dan maksim cara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu video yang berjudul 14 juillet: Je Réponds Aux Questions de Léa Salamé et de Gilles Bouleau dengan durasi 75 menit. Sedangakan data dalam penelitian ini adalah pelanggaran maksim prinsip kerja sama dituturkan oleh peserta tututr yaitu Emmanuel Macron, Léa Salamé, dan Gilles Bouleau. Data akan dianalisis menggunakan metode padan dengan teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP) dan teknik lanjutan Hubung Banding Menyamakan (HBS). Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil yang menunjukkan terdapat 70 pelanggaran maksim prinsip kerja sama. Pelanggaran-pelanggaran tersebut terdiri dari pelanggaran maksim kuantitas (47 tuturan), maksim kualitas (6 tuturan), maksim hubungan (9 tuturan), dan maksim cara (8 tuturan). Sementara itu faktor terjadinya pelanggaran maksim karena faktor tujuan (ends), tindakan peserta tutur (act sequence), nada bicara (key) dan norma (norms). Selanjutnya, hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Prancis khususnya keterampilan berbicara. Karena dalam berkomunikasi dibutuhkan pemahaman sebuah konteks agar terciptanya kerja sama yang baik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 410 Linguistik
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa Prancis
Pengguna Deposit: 2203118962 . Digilib
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:30
Terakhir diubah: 25 Apr 2022 03:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60458

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir