PENGEMBANGAN m-LKPD BERBASIS PROYEK BERBANTUAN SMART APPS CREATOR 3 UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK

Kurniawan Saputra, 1613022047 (2021) PENGEMBANGAN m-LKPD BERBASIS PROYEK BERBANTUAN SMART APPS CREATOR 3 UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
Kurniawan Saputra_Skripsi_1613022047 ABSTRAK - Kurniawan Saputra.pdf

Download (2865Kb) | Preview
[img] FIle PDF
Kurniawan Saputra_Skripsi_1613022047 Full Tanpa Lampiran - Kurniawan Saputra.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
Kurniawan Saputra_Skripsi_1613022047 Full Tanpa Lampiran Tanpa Pembahasan - Kurniawan Saputra.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGEMBANGAN m-LKPD BERBASIS PROYEK BERBANTUAN SMART APPS CREATOR 3 UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK Oleh Kurniawan saputra Penelitian ini bertujuan mengembangkan Mobile Lembar Kerja Peserta Didik (m- LKPD) berbasis proyek berbantuan Smart Apps Creator 3 pada materi difraksi cahaya yang valid dan praktis. m-LKPD yang dikembangkan untuk menstimulus keterampilan proses sains dan keterampilan komunikasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan Design & Development Research (DDR) yang terdiri dari 4 tahap yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Hasil uji kevalidan yang dilakukan oleh ahli mendapat skor rata-rata sebesar 3,62 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan yang telah diujikan mendapat persentase rata- rata sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Hasil penilaian stimulus keterampilan proses sains melalui uji coba kelompok kecil mendapat persentase rata-rata sebesar 88% dengan kategori terstimulus Hal ini menunjukan bahwa m- LKPD yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis untuk menstimulus keterampilan proses dan kemampuan komunikasi peserta didik. Selain itu, m- LKPD yang dikembangkan sangat mungkin untuk diimplementasikan dalam pembelajaran daring maupun secara tatap muka walaupun belum dilakukan uji efektivitas namun dapat dibuktikan dengan hasil respon peserta didik yang memperoleh persentase 94% dengan kategori sangat baik dan persepsi guru yang memperoleh persentase rata-rata 96% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, m-LKPD yang dikembangkan dapat digunakan sebagai multimedia untuk menunjang pembelajaran jarak jauh dan dalam jaringan era pandemi covid-19 ini. Kata kunci: m-LKPD, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Komunikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:17
Terakhir diubah: 25 Apr 2022 03:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60462

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir