Risca Ariani, 1723041009 (2021) NILAI MORAL PADA NOVEL PULANG KARYA LEILA S CHUDORI DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - risca ariani.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL - risca ariani.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - risca ariani.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK NILAI MORAL DALAM NOVEL PULANG KARYA LEILA S CHUDORI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Oleh: RISCA ARIANI Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan nilai-nilai moral dalam novel Pulang karya Leila S Chudori. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral dalam novel Pulang karya Leila S Chudori dan mengimplikasikannya ke dalam pembelajaran sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada desain penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Pulang karya Leila S Chudori. Data berupa nilai moral yang terkandung dalam novel Pulang karya Leila S Chudori. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi, kemudian dianalisis melalui identifikasi dan deskripsi data. Setelah itu, hasil penelitian diimplikasikan ke dalam pembelajaran sastra untuk SMA kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Pulang karya Leila S Chudori terdapat 24 wujud nilai moral yang tergabung dalam 5 jenis nilai moral serta 2 teknik penyampaian nilai moral. Nilai-nilai tersebut, yaitu (1) hubungan manusia dengan Tuhan yang mencakup nilai moral: kepercayaan terhadap Tuhan, bersyukur kepada Tuhan, dan memanjatkan doa; (2) hubungan manusia dengan diri sendiri yang mencakup nilai moral: teguh pada pendirian, optimististis, dan penyesalan; (3) hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup lingkungan sosial yang mencakup nilai moral: peduli sesama, berterima kasih, menghargai orang lain, jujur; (4) ajaran tokoh yang mencakup nilai moral: kebijaksanaan, kejujuran, keterbukaan, kesabaran; (5) perilaku tokoh dalam menghadapi masalah yang mencakup nilai moral: memberi nasihat, tidak putus asa, empati, berusaha, pesimis, perhatian, tolong menolong, berpikir jernih, bersyukur, dan berdoa kepada Tuhan. Sementara teknik penyampaian nilai moral melalui 2 cara yaitu uraian pengarang dan melalui tokoh. Hasil penelitian diimplikasikan ke dalam pembelajaran sastra di SMA dengan menyusun RPP berbasis Kurikulum 2013 Kata Kunci: nilai moral, Pulang, Implikasi. iv ABSTRACT MORAL VALUES IN NOVEL BOOK OF PULANG BY LEILA S CHUDORI AND ITS IMPLICATIONS INTO LEARNING OF LITERATURE IN HIGH SCHOOL By: RISCA ARIANI The problem in this research is related to the moral values in novel of Pulang by Leila S Chudori. This research aims to describe the moral values in novel book of Pulang by Leila S Chudori and its implication in learning literature at Senior High School. The research method is used to the qualitative descriptive research method. The data source in this research is the novel of Pulang by Leila S Chudori . The data of this research are moral values in novel Pulang by Leila S Chudori. Data collected by using documentation technique, and then analyzed through data identification and description. After that, the data were implicated into learning literature for eleventh grade of SMA. The results showed that in Leila S Chudori’s Pulang novel there are 24 forms of moral values that are integrated in the 5 types of moral values and also 2 moral values conveying techniques. Those values are: (1) Human relationship with God which includes moral values: believe in God, grateful, pray to the God, (2) Human relationship with ourself which includes moral values: resolute optimistic, and regret, (3) Human relationship with other societies which include moral values: care to each other, thankful, respect for other, honest, (4) lesson of the figure which includes moral values: wise, honest, openness, patience, (5) Character behavior of dealing with problems which includes moral values: giving advice, never give up, emphaty, hard working, pessimistic, care, help each other, thinking clearly, grateful, and pray to the God. Meanwhile, there are two techniques to convey the moral values; through author descriptions and character descriptions. The results of the research are implicated into learning of literature in SMA by arranging the lesson plan based on 2013 Curriculum. Keywords: moral values, Pulang, Implication.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa > 490 Bahasa-bahasa lain |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:03 |
Terakhir diubah: | 26 Apr 2022 02:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60490 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |