, ANDES ENGGAR WAHYUNI (2011) MENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN2 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (359Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (206Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persetujuan.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (346Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (270Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (282Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (435Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (465Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan pengamatan, pembelajaran tematik yang dilaksanakan di SDN2 Labuhan Ratu kedaton Bandar Lampung belum menunjukkan makna pembelajaran tematik yang sesungguhnya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, pemisahan mata pelajaran masih tampak jelas walaupun fokus pembelajaran diarahkan pada tema-tema. Siswa juga kurang terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak memperoleh pengalaman langsung dan kurang terlatih untuk menemukan sendiri pengetahuan yang dipelajari. Dalam hal ini, penerapan pembelajaran tematik dengan memperhatikan karakteristik dan rambu-rambu yang benar bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IIIC SDN2 Labuhan Ratu Penelitian dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), prosedur yang digunakan dalam bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi untuk mengumpulkan data aktivitas siswa dan tes hasil belajar untuk mengumpulkan data prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar pada siklus I, 55.9% menjadi 76,9% pada siklus II. Begitu pula prestasi belajar siswa pada siklus I, siswa yang tuntas belajar 61,1% menjadi 76,9% pada akhir siklus II. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar dan Pembelajaran Tematik
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 22 Jan 2014 02:41 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2014 02:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/605 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |