MENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN2 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

, ANDES ENGGAR WAHYUNI (2011) MENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN2 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (359Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (206Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (346Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (270Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (282Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (435Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (465Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan pengamatan, pembelajaran tematik yang dilaksanakan di SDN2 Labuhan Ratu kedaton Bandar Lampung belum menunjukkan makna pembelajaran tematik yang sesungguhnya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, pemisahan mata pelajaran masih tampak jelas walaupun fokus pembelajaran diarahkan pada tema-tema. Siswa juga kurang terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak memperoleh pengalaman langsung dan kurang terlatih untuk menemukan sendiri pengetahuan yang dipelajari. Dalam hal ini, penerapan pembelajaran tematik dengan memperhatikan karakteristik dan rambu-rambu yang benar bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IIIC SDN2 Labuhan Ratu Penelitian dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), prosedur yang digunakan dalam bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi untuk mengumpulkan data aktivitas siswa dan tes hasil belajar untuk mengumpulkan data prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar pada siklus I, 55.9% menjadi 76,9% pada siklus II. Begitu pula prestasi belajar siswa pada siklus I, siswa yang tuntas belajar 61,1% menjadi 76,9% pada akhir siklus II. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar dan Pembelajaran Tematik

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 22 Jan 2014 02:41
Last Modified: 22 Jan 2014 02:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item