Tati Afriantini, 1313093133 (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS IV SDN 6 JATIMULYO KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (385Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (574Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (489Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (672Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4041b) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (349Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (366Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (43Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini bagaimanakah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SD Negeri 6 Jatimulyo Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015? Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran Jigsaw di kelas IV SD Negeri 6 Jatimulyo Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini ditunjukan dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 67 dengan persentase keaktifan siswa mencapai 70% yaitu 14 siswa dinyatakan aktif. Pada siklus II rata-rata aktivitas siswa mencapai 75,21 dengan persentase keaktifan siswa mencapai 90% yaitu 18 siswa dinyatakan aktif. Pada hasil belajar siswa diperoleh rata-rata hasil belajar siswa mencapai 65,25 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 65% siswa yaitu 13 siswa dinyatakan tuntas belajar. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 73,5 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 85% siswa yaitu 17 siswa dinyatakan tuntas belajar. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, dan model pembelajaran Jigsaw
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2790484 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Dec 2014 07:25 |
Terakhir diubah: | 23 Dec 2014 07:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6055 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |