MENINGKATKAN PRESTASI PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE INQUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KOTAKARANG TELUKBETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG

, ANGGRAWATI (2011) MENINGKATKAN PRESTASI PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE INQUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KOTAKARANG TELUKBETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf - Published Version

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (263Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (198Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (226Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (596Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi pembelajaran IPA menggunakan metode inquiri pada siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam pelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumen hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kotakarang Telukbetung Barat Bandar Lampung yang berjumlah 30 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa peremuan. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan rata-rata nilai tes formatif siswa pada siklus I sebesar 60,83, dan pada siklus II sebesar 77,33 atau meningkat lebih baik sebesar 16,5%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan tingkat aktitivitasnya sebesar 75%, dan pada siklus II sebesar 90,62% atau meningkat sampai 15,62%, dengan demikian Indikator keberhasilan penelitian ini telah tercapai dan materi pembelajaran yang telah diberikan dinilai baik. Kata Kunci: Prestasi belajar; Metode inquiri.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 22 Jan 2014 02:47
Last Modified: 22 Jan 2014 02:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item