, ANGGRAWATI (2011) MENINGKATKAN PRESTASI PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE INQUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KOTAKARANG TELUKBETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
JUDUL.pdf - Published Version Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persetujuan.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (263Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (198Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (226Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (596Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (88Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi pembelajaran IPA menggunakan metode inquiri pada siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam pelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumen hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kotakarang Telukbetung Barat Bandar Lampung yang berjumlah 30 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa peremuan. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan rata-rata nilai tes formatif siswa pada siklus I sebesar 60,83, dan pada siklus II sebesar 77,33 atau meningkat lebih baik sebesar 16,5%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan tingkat aktitivitasnya sebesar 75%, dan pada siklus II sebesar 90,62% atau meningkat sampai 15,62%, dengan demikian Indikator keberhasilan penelitian ini telah tercapai dan materi pembelajaran yang telah diberikan dinilai baik. Kata Kunci: Prestasi belajar; Metode inquiri.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 22 Jan 2014 02:47 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2014 02:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/606 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |