ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS BERPIKIR KRITIS STUDI LAPANGAN DI SD AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

DIAH AYU SUCITRA, 1713053016 (2021) ANALISIS EVALUASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS BERPIKIR KRITIS STUDI LAPANGAN DI SD AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK - diah ayu sucitra.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img] FIle PDF
FULL SKRIPSI - diah ayu sucitra.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
TANPA BAB PEMBAHASAN - diah ayu sucitra.pdf

Download (3770Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi pembelajaran daring berbasis berpikir kritis di SD Al Kautsar Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah, 1) evaluasi pembelajaran yang dilakukan pendidik melalui google classroom belum dapat terlihat maksimal dalam kemampuan berpikir kritis, 2) penilaian pembelajaran daring berbasis berpikir kritis dibagi kedalam tiga aspek, yaitu aspek sikap, aspek pengetahuan, aspek keterampilan. Situasi pembelajaran daring membuat ketiga aspek penilaian belum berjalan secara maksimal karena hanya dilakukan melalui google classroom saja. Kata kunci: berpikir kritis, evaluasi, pembelajaran daring, penilaian This study aims to analyze the evaluation of online learning based on critical thinking at Al Kautsar Elementary School Bandar Lampung. The research method uses a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. Data were analyzed using Miles and Huberman data analysis. The validity of the data using source triangulation and technical triangulation. The results of this study are 1) the evaluation of learning conducted by educators through google classroom has not been able to be seen optimally in critical thinking skills, 2) online learning assessment based on critical thinking is divided into three aspects, namely aspects of attitudes, aspects of knowledge, aspects of skills. The online learning situation makes the three aspects of the assessment not run optimally because it is only done through Google Classroom. Key words: assessment, critical thinking skill, evaluation, online learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 28 Apr 2022 06:07
Terakhir diubah: 28 Apr 2022 06:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60632

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir