PERBANDINGAN PENGETAHUAN PERESEPAN OBAT ANTARA MAHASISWA TINGKAT 4, TINGKAT 3 DAN TINGKAT 2 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

WANDA LISYANTO PRABOWO, 1658011055 (2021) PERBANDINGAN PENGETAHUAN PERESEPAN OBAT ANTARA MAHASISWA TINGKAT 4, TINGKAT 3 DAN TINGKAT 2 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Wanda Lisyanto Prabowo.pdf

Download (608Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Wanda Lisyanto Prabowo.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Wanda Lisyanto Prabowo.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Background: Drugs prescription knowledge were vital object in medical education in the interest of minimize medical error and to deliver optimum treatment to patient. The Objective of this study is to comparize education level of drugs prescription knowledge on second grade, third grade, and fourth grade college student of Faculty of Medicine Lampung University. Methods: This study used a quantitative analitic design and cross sectional approach on fourth grade, third grade, and second grade college student of Faculty of Medicine Lampung University. The variabel measured are education level used questionnaire and drugs prescription knowledge used drugs prescription knowledge questionnaire. The sampling technique used was consequtive sampling with minimum sample size of 231 persons. Data analysis used was univariate and bivariate analysis using the kruskal- wallis test with alpha value 5%. Results: 231 respondents was assessed with 92 from fouth grade, 77 from third grade, and 62 from the second grade. In sequence of fourth, third, and second grade, good drugs prescription knowledge counted was only 17,5%, 22,1%, dan 6,1%. Comparsion between education level and drugs prescription knowledge tested with kruskal-wallis and p value founded was 0,000. There was significant contrast of drugs prescription knowledge on second grade, third grade, and fourth grade college student of Faculty of Medicine Lampung University Counclusion: There was significant contrast of drugs prescription knowledge on fourth grade, third grade, and second grade college student of Faculty of Medicine Lampung University. Keywords: Drugs prescription, education level, pharmacy Latar Belakang: Pengetahuan peresepan obat adalah hal yang sangat penting dalam pendidikan dokter demi menghindari medical error di kemudian hari serta dapat memberikan pelayanan yang optimal pada pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengetahuan peresepan obat pada mahasiswa tingkat 2, 3 dan 4 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode: Penelitian ini menggunakan desain analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional pada mahasiswa tingkat 2, 3, dan 4 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Variabel yang diukur adalah tingkat pendidikan menggunakan kuesioner dan pengetahuan peresepan obat menggunakan kuesioner pengetahuan peresepan obat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling dengan sampel minimal sebanyak 231 orang. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariate menggunakan uji kruskal-wallis dengan besar alfa 5%. Hasil: Penelitian dilakukan terhadap 231 responden dengan jumlah tingkat 4 sebanyak 92 orang, tingkat 3 sebanyak 77 orang, dan tingkat 2 sebanyak 62 orang. Pada mahasiswa tingkat 4, 3, dan 2 pengetahuan peresepan obat yang baik secara berturut- turut hanya berjumlah 17,5%, 22,1%, dan 6,1%. Perbandingan tingkat pendidikan dan pengetahuan peresepan obat di uji dengan kruskal-wallis dan didapatkan nilai p yaitu 0,000. Artinya terdapat perbedaan rata-rata yang berarti antara pengetahuan peresepan obat pada mahasiswa tingkat 2, 3 dan 4 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kesimpulan: Terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara pengetahuan peresepan obat pada mahasiswa tingkat 4, 3 dan 2 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Kata Kunci: Farmasi, peresepan obat, tingkat pendidikan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 28 Apr 2022 07:35
Terakhir diubah: 28 Apr 2022 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60633

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir