PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SD NEGERI 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG

, ANIZAR SURYATII (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SD NEGERI 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (204Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstraks.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (468Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (226Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (409Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan pengamatan, pembelajaran tematik yang dilaksanakan di SDN 1 Sukarame Bandar Lampung belum menunjukkan makna pembelajaran tematik yang sesungguhnya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, pemisahan mata pelajaran masih tampak jelas walaupun fokus pembelajaran diarahkan pada tema-tema. Siswa juga kurang terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak memperoleh pengalaman langsung dan kurang terlatih untuk menemukan sendiri pengetahuan yang dipelajari. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas I SDN 1 Sukarame Bandar Lampung. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Prosedur yang digunakan dalam bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi untuk mengumpulkan data aktivitas siswa dan tes hasil belajar untuk mengumpulkan data prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar pada siklus I, 67,5 menjadi 91,3 pada siklus II. Begitu pula prestasi belajar siswa pada siklus I, siswa yang tuntas belajar 77,5% menjadi 100% pada akhir siklus II. Kata Kunci: Prestasi Belajar dan Pembelajaran Tematik

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 22 Jan 2014 02:52
Last Modified: 22 Jan 2014 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item