PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BESED INTRODUCTION DILIHAT DARI HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KASUI TAHUN AJARAN 2017/2018

DEDI ANDRIANTO , 1413033012 (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BESED INTRODUCTION DILIHAT DARI HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KASUI TAHUN AJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1812Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1523Kb) | Preview

Abstrak

Pendidik mempunyai peran penting untuk mencari strategi agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan cara menggunakan model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik menerapkan Model Pembelajaran Group Investigation dan Model pembelajaran Problem Based Introduction, karena model ini menggunakan metode diskusi sehingga siswa dapat mudah memahami materi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan Problem Based Introductiondilihat dari hasil belajar sejarah siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasui Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dipilih dengan cara sampling purposive dan dipilih Kelas XI IPS 3 berjumlah 28 siswa, kemudian dibentuk kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dan kelas eksperimen menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Introduction. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis eksperimental design dan bentuk posstest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan posttest. Data yang terkumpul selanjutnya diolah secara manual menggunakan rumus uji T. Hasil analisis data menunjukan hasil perbandingan sebesar 4,35 dengan rata-rata hasil posttest kelas kontrol sebesar 79 dan kelas eksperimen sebesar 83,71. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat perbedaan setelah membandingkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dan Problem Based Introduction dilihat dari hasil belajar sejarah siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasui Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci : perbandingan, Group Investigation, Problem Based Introduction

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 900 Sejarah
L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 188332891 . Digilib
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:33
Last Modified: 20 Jan 2020 02:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60767

Actions (login required)

View Item View Item