STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUMIJAJAR KAB. TULANG BAWANG BARAT TP 2020/2021

ABI ALHARIS , 1613034052 (2021) STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUMIJAJAR KAB. TULANG BAWANG BARAT TP 2020/2021. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Rocket Digital (1).pdf

Download (2473Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital (1).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2470Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital (1).pdf

Download (2472Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TP 2020/2021 Oleh Abi Alharis 1613034052 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 2 Tumijajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII dan sampel sebanyak 58 siswa dengan masing-masing kelas berjumlah 29 pada kelas VIII C dan VIII D. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Dengan hasil uji-t test diperoleh nilai koefisien thitung > ttabel atau 2,486 > 2,003 dengan tingkat signifikan 0,009 < 0,05. Kata kunci : model pembelajaran TAI, model pembelajaran CIRC dan hasil belajar ABSTRACT STUDY COMPARATIVE OF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) LEARNING METHOD AND COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) USING OF INTEGRATED IPS LEARNING STUDENTS CLASS VIII GRAD’S 2 PUBLIC JUNIOR HIGH SCHOOL TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT ACADEMIC YEAR 2020/2021 By Abi Alharis 1613034052 This research aims to find out of there are differences in students' learning outcomes in IPS subjects in grade VIII of SMP Negeri 2 Tumijajar using cooperative learning models such as Team Assisted Individualization (TAI) and Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). This study uses pseudo-experimental research with Nonequivalent Control Group Design. The population in this study is all grade VIII students and a sample of 58 students with 29 classes each in grades VIII C and VIII D. As for data collection techniques using observation, tests, and documentation, while for data analysis techniques using t-tests. The results showed that there were significant differences in the IPS learning outcomes of students whose learning used a COOPERATIVE TAI-type learning model compared to circ- type cooperative learning models. With t-test results obtained thitung coefficient value > ttabel or 2,486 > 2,003 with a significant rate of 0.009 < 0.05. Keywords: TAI learning methods, CIRC learning methods and learning outcome

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 12 May 2022 02:44
Terakhir diubah: 12 May 2022 02:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60828

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir