PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DENGAN APLIKASI MOODLE DAN METODE DISKUSI MAHASISWA TAHAP PERSIAPAN BERSAMA INSTITUT TEKNOLOGI SUMATRA

SABRINA AULIA RAHMA, 1723041002 (2021) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DENGAN APLIKASI MOODLE DAN METODE DISKUSI MAHASISWA TAHAP PERSIAPAN BERSAMA INSTITUT TEKNOLOGI SUMATRA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Sabrina Aulia Rahma.pdf

Download (600Kb) | Preview
[img] File PDF
kompres tesis full - Sabrina Aulia Rahma.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1429Kb)
[img]
Preview
File PDF
kompres tesis tnp pembahasan - Sabrina Aulia Rahma.pdf

Download (1044Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkan pembelajaran melalui aplikasi moodle dan metode diskusi melalui aplikasi zoom meeting. Aplikasi moodle digunakan pada kelas eksperimen dan metode diskusi melalui aplikasi zoom meeting digunakan pada kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan populasi yang berjumlah 2199 orang dan terbagi ke dalam 28 kelas. Adapun jumlah sampel penelitian ini 53 orang yang terbagi dalam 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus rumus n-gain dan t-test dua sampel. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, disimpulkan sebagai berikut 1) diperoleh hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan aplikasi moodle melalui perhitungan gain ternormalisasi (n-gain) bernilai 0,45. Jika dikategorikan ke dalam skor gain maka bernilai sedang; 2) diperoleh hasil belajar mahasiswa dengan metode diskusi melalui perhitungan gain ternormalisasi (n-gain) bernilai 0,62. Jika dikategorikan ke dalam skor gain maka bernilai tingg; dan 3) berdasarkan perhitungan dari ttabel diperoleh hasil bahwa metode diskusi melalui aplikasi zoom meeting lebih tinggi dari pada aplikasi moodle sehingga dapat dilihat terdapat perbedaan. Perbedaan tersebut berdasarkan perolehan skor dengan dasar hitung ttabel (2,01) > thitung (1,52). Kata kunci: hasil belajar, aplikasi moodle, metode diskusi melalui aplikasi zoom meeting. This study aims to determine the differences in student learning outcomes by applying learning through the moodle application and the discussion method through the zoom meeting application. The Moodle application is used in the experimental class and the discussion method through the zoom meeting application is used in the control class. The research method used is an experiment with a population of 2199 people and is divided into 28 classes. The number of samples in this study was 53 people who were divided into 2 classes. Sampling was done by cluster random sampling technique. Data collection techniques were carried out through observation, documentation, and test techniques. Hypothesis testing using the formula N-Gain and T-Test 2 samples. Based on the results of the analysis and discussion, it is concluded as follows: 1) student learning outcomes using the Moodle application through the calculation of normalized gain (N-Gain) are 0.45. If it is categorized into a gain score, it is of moderate value; 2) obtained student learning outcomes with the discussion method through the calculation of the normalized gain (N-Gain) of 0.62. If it is categorized into a gain score, it is of high value; and 3) based on the calculation from ttable, it is found that the discussion method is higher than the Moodle so that it can be seen that there are differences. The difference is based on the acquisition of scores on the basis of arithmetic ttable (2.01) > tcount (1.52). Keyword : learning outcomes, moodle, discussion method through the zoom meeting application.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 12 May 2022 02:42
Terakhir diubah: 12 May 2022 02:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60902

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir