FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 3 GADINGREJO

Fadila Anggraeni, 1613032055 (2021) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 3 GADINGREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Fadila Anggraeni.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
2.R2 Skripsi full tanpa lampiran - Fadila Anggraeni.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1886Kb)
[img]
Preview
File PDF
2.R2 Skripsi tanpa pembahasan - Fadila Anggraeni.pdf

Download (1522Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tentang faktor- faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang nilainya kurang dari KKM di kelas VII SMP Negeri 3 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu tahun ajaran 2019/2020, yang berjumlah 182 peserta idik. Sampel diambil sebanyak 20% dari populasi yaitu 36 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interval dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang paling mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah motivasi (86,11%). Hal demikian disebabkan karena tingkat persaingan belajar antar peserta didik sangat rendah, sehingga keinginan peserta didik untuk belajar pun juga rendah. Adapun faktor terbesar kedua dan seterusnya yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik adalah intelegensi (83,33%), keluarga (77,88%), waktu (66,68%). Untuk faktor guru, sarana dan prasarana, serta teman memiliki persentase yang sama yaitu 52,78% dan faktor minat memiliki persentase 38,88%. Kata kunci : Peserta didik, Kesulitan belajar The purpose of this research is to knowing and explain about the factors that influence the learning difficulty students in learning pancasila and civic education in 3rd gadingrejo junior high schools. The method used is method descriptive with a quantitative opproach. The population in this research is students whose scores are less than the minimum completeness criteria in 7th grade Pringsewu district, academic year 2019/2020, which amounted to 182 students. Samples were taken as much as 20% of the population, namely 36 respondents. The data was collacted by questionnaire techniques, interviews, and documentation. The data were analyzed using persentages. Based on the research results of the study showed that the factor that most influence students learning difficulty in learning pancasila and civic education is motivation (86.11%). This because the level of learning competition students is very low, so the desire of students to lern is also low. The second biggeest factor and so on that affect students learning difficulty are intelegence (83,33%), family (77,88%), and time (66,68%). For the factors of teachers, facilities and infraztructure, and friends have the same percentage is 52,78% and factor interest have percentage 38,88%. Keywords: Students, Learning difficulty

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 13 May 2022 02:05
Terakhir diubah: 13 May 2022 02:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61035

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir