PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI INTERAKSI ANTAR PARTIKEL

MAYA MARGARETA, 1613023027 (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI INTERAKSI ANTAR PARTIKEL. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Maya Margareta.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Maya Margareta.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2772Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Maya Margareta.pdf

Download (1941Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI INTERAKSI ANTAR PARTIKEL Oleh MAYA MARGARETA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dari modul, mendeskrip- sikan tanggapan guru mengenai aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan dan kemenarikan, serta mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap aspek ke- terbacaan dan kemenarikan dari modul berbasis representasi kimia pada materi interaksi antar partikel yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Ada sepuluh tahap dalam pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D), pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap lima yaitu revisi hasil uji coba lapangan. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh tiga orang validasi ahli terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan dan kemenarikan dan diperoleh hasil rata-rata persentase berturut-turut adalah 78,65% , 77,79%, 71,44% dan 77,14% dengan kriteria tinggi. Setelah dilakukan validasi ahli, dilakukan beberapa revisi terhadap modul berbasis representasi kimia. Selanjutnya dilakukan uji coba lapangan awal untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa. Uji coba lapangan awal dilakukan di tiga sekolah di provinsi Lampung. Uji coba lapangan awal dilakukan dengan meminta tanggapan guru yang meliputi aspek kesesuaian isi, konstruksi, keter- bacaan dan kemenarikan dan diperoleh hasil rata-rata persentase berturut-turut adalah 76,95%, 86,12%, 77,80% dan 73,87% dengan kriteria tinggi. Selanjutnya, meminta tanggapan siswa terhadap aspek kemenarikan dan keterbacaan dan diperoleh hasil rata-rata persentase berturut-turut adalah 80,1% dan 81,56% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka modul berbasis representasi kimia pada materi interaksi antar partikel valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Kata kunci : modul, interaksi antar partikel, representasi kimia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 May 2022 07:51
Terakhir diubah: 13 May 2022 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61054

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir