PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS MENGGUNAKAN QUIPPER SCHOOL DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI SMA NEGERI 2 METRO

Retno Wulandari NPM 1713022010, NPM 1713022010 (2021) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS MENGGUNAKAN QUIPPER SCHOOL DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI SMA NEGERI 2 METRO. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT) - Kak Dan.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - RETNO.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1334Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - RETNO.pdf

Download (1233Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRACT COMPARISON OF LEARNING OUTCOMES IN STATIC FLUID MATERIALS USING QUIPPER SCHOOL WITH GOOGLE CLASSROOM AT SMA NEGERI 2 METRO By RETNO WULANDARI This study aims to describe the differences in student learning outcomes between learning static fluid materials using Quipper School and those using Google Classroom. The sample in this study was class XI IPA 1 and class XI IPA 2, totaling 32 students at SMA Negeri 2 Metro for the academic year 2020/2021. The research design used is a comparative quantitative research. Based on research that has been done, data on cognitive domain learning outcomes are obtained through test results at the end of the lesson with the use of different applications. The results of the independent sample t-test test showed a significance value of more than 0.05, namely 0.650 for the overall average, 0.839 for class XI IPA 1 using Quipper School and XI IPA 2 using Google Classroom, and 0.358 for class XI IPA 1 using Google Classroom. and XI IPA 2 using Quipper School. Because the significance is more than 0.05, this means that there is no significant difference in the average student learning outcomes on static fluid material using Quipper School or Google Classroom. So that Quipper School and Google Classroom learning applications can be used in online learning so that students don't feel bored with just one learning application. Keywords: learning outcomes, static fluid, learning applications ABSTRAK PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS MENGGUNAKAN QUIPPER SCHOOL DENGAN GOOGLE CLASSROOM DI SMA NEGERI 2 METRO Oleh RETNO WULANDARI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran materi fluida statis menggunakan Quipper School dengan yang menggunakan Google Classroom. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yang berjumlah 32 siswa di SMA Negeri 2 Metro tahun ajaran 2020/2021. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat perbandingan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan data hasil belajar ranah kognitif didapatkan melalui hasil test diakhir pelajaran dengan penggunaan aplikasi yang berbeda. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi lebih dari 0,05 yaitu 0,650 untuk rata-rata keseluruhan, 0,839 untuk kelas XI IPA 1 menggunakan Quipper School dan XI IPA 2 menggunakan Google Classroom, serta 0,358 untuk kelas XI IPA 1 menggunakan Google Classroom dan XI IPA 2 menggunakan Quipper School. Karena signifikansi lebih dari 0,05 hal ini berarti bahwa tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang signifikan pada materi fliuda statis dengan menggunakan Quipper School maupun Google Classroom. Sehingga aplikasi belajar Quipper School maupun Google Classroom dapat digunakan dalam pembelajaran daring agar siswa tidak merasa bosan dengan satu aplikasi belajar saja. Kata kunci : hasil belajar, fluida statis, aplikasi belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 May 2022 07:43
Terakhir diubah: 13 May 2022 07:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61074

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir