MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) KELAS 1 C SD FRANSISKUS 2 RAWALAUT BANDAR LAMPUNG

Florentinus, CHRISTINA SUDARMI (2011) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) KELAS 1 C SD FRANSISKUS 2 RAWALAUT BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
cover new.pdf - Published Version

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR + DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (519Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (9Kb)
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img] Archive
Lampiran.zip - Published Version

Download (1341Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi penulis pada peserta didik kelas 1 C SD Fransiskus 2 Tanjungkarang Timur Bandar Lampung berjumlah 27 orang siswa. Untuk pembelajaran Membaca Menulis Permulaan (MMP) diperoleh 15 orang siswa lancar membaca dan 12 orang siswa belum lancar membaca. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas,kegiatan berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data melalui observasi, aktivitas siswa dan hasil evaluasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SAS dalam membaca permulaan di kelas 1 sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa. Siklus pertama mencapai 66,7%, siklus kedua mencapai 88,9% dari 27 siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus pertama 22% menjadi 7,4%. Demikian juga pada akhir pembelajaran siklus kedua dari 78 % manjadi 93% dari 27 siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, metode SAS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 22 Jan 2014 03:16
Terakhir diubah: 22 Jan 2014 03:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir