Florentinus, CHRISTINA SUDARMI (2011) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) KELAS 1 C SD FRANSISKUS 2 RAWALAUT BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
cover new.pdf - Published Version Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR + DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (519Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (9Kb) |
||
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
Archive
Lampiran.zip - Published Version Download (1341Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi penulis pada peserta didik kelas 1 C SD Fransiskus 2 Tanjungkarang Timur Bandar Lampung berjumlah 27 orang siswa. Untuk pembelajaran Membaca Menulis Permulaan (MMP) diperoleh 15 orang siswa lancar membaca dan 12 orang siswa belum lancar membaca. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas,kegiatan berbentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data melalui observasi, aktivitas siswa dan hasil evaluasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SAS dalam membaca permulaan di kelas 1 sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa. Siklus pertama mencapai 66,7%, siklus kedua mencapai 88,9% dari 27 siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus pertama 22% menjadi 7,4%. Demikian juga pada akhir pembelajaran siklus kedua dari 78 % manjadi 93% dari 27 siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, metode SAS
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 22 Jan 2014 03:16 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2014 03:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/611 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |