PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI GUGUS TELUK BETUNG UTARA

Arzalia Ainun Zahra, 1713053026 (2021) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI GUGUS TELUK BETUNG UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Arzalia Ainun Zahra.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Arzalia Ainun Zahra.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1562Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN - Arzalia Ainun Zahra.pdf

Download (1434Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Teluk Betung Utara yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk menganalsis dan mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik pendidik terhadap hasil belajar, fasilitas belajar terhadap hasil belajar, kompetensi pedagogik pendidik dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Teluk Betung Utara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Teluk Betung Utara sebanyak 57 peserta didik, ditentukan dengan teknik pengambilan sampel proportinate stratified random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Sederhana dan Regresi Ganda. Hasil penelitian: (1) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik pendidik terhadap hasil belajar peserta didik yang terkategori rendah, (2) terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik yang terkategori rendah, (3) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik pendidik dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik yang terkategori rendah. Kata Kunci: fasilitas belajar, hasil belajar, kompetensi pedagogik pendidik The problem in this research was the learning outcomes of fourth grade students of Public Elementary School Gugus Teluk Betung Utara which are still below the Minimum Completeness Criteria (MCC). This research aims to analyze and find out the effect of teacher pedagogic competence on the learning outcomes, learning facilities on the learning outcomes, teacher pedagogic competence and learning facilities simultaneously on students learning outcomes of grade fourth Public Elementary School Gugus Teluk Betung Utara. The research sample was 57 students of grade fourth Public Elementary School Gugus Teluk Betung Utara, which were determined by using proportinate stratified random sampling technique. This type of research is quantitative research with ex post facto research methods, and the data collection techniques used are non-test techniques, namely using questionnaires and documentation. The data analysis use a Simple Regression and Multiple Regression. The result have a point toward: (1) there is have a effect of teacher pedagogic competence on the students learning outcomes who are categorized as low, (2) there is have a effect of learning facilities on the students learning outcomes who are categorized as low, (3) there is have a effect of teacher pedagogic competence and learning facilities simultaneously with students learning outcomes who are categorized as low. Keywords: learning facilities, learning outcomes, teacher pedagogic competence

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 19 May 2022 06:28
Terakhir diubah: 19 May 2022 06:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61353

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir