ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATERI JAMUR DI SMAN 01 BANJAR MARGO

Anies Syahfitri, 1513024045 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATERI JAMUR DI SMAN 01 BANJAR MARGO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3554Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2095Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi siswa X SMA Negeri 01 Banjar Margo dalam mengelompokkan jamur melalui pembelajaran daring dengan media mind mapping pada materi “Jamur”. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 01 Banjar Margo dengan pengambilan sampel menggunakan tehnik Purposive Sampling yaitu sebanyak 60 siswa. Instrumen penelitian menggunakan soal pretest-posttest berbentuk essay yang berjumlah 10 soal dan lembar kuisoner tanggapan siswa yang berisi 10 pernyataan. Data nilai pretest-posttest dianalisis dengan uji Independent T-test dan uji N-gain sedangkan data tanggapan siswa terhadap pembelajaran daring dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi siswa pada bentuk representasi verbal memiliki nilai N-gain tertinggi karena siswa mampu menjawab soal dengan disertai penjelasan yang sesuai, sedangkan kemampuan representasi siswa pada bentuk representasi bagan memiliki nilai N-gain rendah karena dari banyaknya siswa kurang mampu dalam membuat bagan dan disertai konsep siklus hidup pada jamur divisi Zygomycota, kemudian kemampuan representasi siswa pada bentuk representasi tabel dan representasi gambar memiliki nilai N-gain berkriteria sedang karena sebagian siswa mampu menjawab soal dalam bentuk tabel atau gambar dan disertai penjelasan yang sesuai walaupun masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menggambar struktur jamur. Kata kunci: Kemampuan representasi, jamur, dan pembelajaran daring.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2203613135 . Digilib
Date Deposited: 20 May 2022 07:51
Terakhir diubah: 20 May 2022 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61511

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir