PERAN PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI TAMAN MADYA (SMAS) TAMANSISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG

Mirna Nur Halizah, 1613032047 (2021) PERAN PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI TAMAN MADYA (SMAS) TAMANSISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
abstrak - Rindi Mayasari.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi tanpa lampiran - Rindi Mayasari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1776Kb)
[img]
Preview
File PDF
Tanpa ISI - Rindi Mayasari.pdf

Download (3083Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan karakter pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam membangun karakter peserta didik, serta mendeskripsikan peran pendidikan karakter pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam membangun karakter peserta didik di Taman Madya (SMAS) Tamansiswa Teluk Betung Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian Waka Kesiswaan, Tenaga Pendidik (Guru), Peserta Didik, dan Staf Tata Usaha. Teknil pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan kritik sumber dan triangulasi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemikiran ki hadjar dewantara berperan dalam pembentukan karakter peserta didik yang difokuskan di SMAS Tamansiswa Teluk Betung Bandar Lampung. Peran pemikiran ki hadjar dewantara dalam pembentukan karakter peserta didik adalah membangun pendidikan di Indonesia sekaligus membangun karakter nasional peserta didik agar memiliki kecerdasan berfikir serta memiliki karakter yang baik yang mencerminkan dirinya serta bangsa Indonesia. Karakter nasional tersebut mencangkup religius, jujur toleran, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semngat kebangsaan cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, senang membaca, peduli social peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3 Kata Kunci: Peran, Pemikiran Ki Hadjar Dewantara, Karakter Peserta Didik The aim of this study were to find out how the role of Ki Hajar Dewantara’s mindset in characters building of Taman Madya (SWAS) Taman Siswa Telu k Betung students is and also to describe the role itself. The research method used were qualitative descriptive while the subjects were the students vice principle, the teachers, the students and the administration staffs. Interviews, observations, and do cumentation were used as the data collecting technique. Moreover, credibility test with the source critism and triangulation was as the data analysis. The results clearly indicated that the mindset influenced the students’ character building. The mindset iself was about forming Indonesian education as well as building the national character so that the students will get good characters which reflect themselves and also Indonesia. The character concerned in religious, honest, tolerant, dicipline, hard working, intelligent, creative, independent, democratic, curious, nationalism, appreciating accomplishments, friendly/communicative, loving peace, being fond of reading, social environment caring, and responsibility. Those are regarding to UU Number 20 Year 2003 clause 2 which is about the national education systems. Keywords: Role, Mindset of Ki Hajar Dewantara, Students’ Character

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 23 May 2022 01:37
Terakhir diubah: 23 May 2022 01:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61527

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir