, DODDY KURNIAWAN (2011) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS VA SDN 4 METRO PUSAT. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (249Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
mengesahkan.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar isi.pdf - Published Version Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (162Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (762Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (25Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (3481Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil pengamatan dan hasil diskusi dengan guru kelas VA SDN 4 Metro Pusat, kondisi pembelajaran PKn masih didominasi oleh metode ceramah. Indikasi lain bahwa kurang bervariasinya metode yang digunakan dalam pembelajaran, mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa, sehingga siswa kurang mampu dalam menerima informasi, pesan dan isi pembelajaran. Guru kurang mengoptimalkan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode diskusi terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA dengan jumlah siswa 21 orang. Data hasil penelitian diperoleh melalui alat pengumpul data berupa lembar observasi dan tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan aktivitas siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan, dari pelaksanaan siklus I terdapat 13 siswa (61,9%) dari total 21 siswa yang tuntas yang semula 9 siswa (42,8%) dari total 21 siswa sebelum dilakukan penelitian atau meningkat sebesar 19,1%, dari pelaksanaan siklus II terdapat 17 siswa (80,9%) dari total 21 siswa yang tuntas atau meningkat 19% dari siklus I dan dari pelaksanaan siklus III terdapat 19 siswa (90,4%) dari total 21 siswa yang tuntas atau meningkat 9,5% dari siklus II. Setelah dilakukan penelitian siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (90,4%) atau meningkat 47,6% dibandingkan dengan kondisi sebelum dilakukan penelitian. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa metode diskusi terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas VA SDN 4 Metro Pusat. Kata kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar, metode diskusi terbimbing.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 22 Jan 2014 03:39 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2014 03:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/616 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |