ANALISIS SUMBER BELAJAR IPA SMP BERMUATAN STEM (SCEINCE, TECHNOLOGY, ENGENEERING AND MATHEMATICS) YANG BERASIS KEARIFAN LOKAL DI KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PADA MATERI KONSEP SUHU, PEMUAIAN DAN KALOR

Rudi Juliyanto, 1713024046 (2022) ANALISIS SUMBER BELAJAR IPA SMP BERMUATAN STEM (SCEINCE, TECHNOLOGY, ENGENEERING AND MATHEMATICS) YANG BERASIS KEARIFAN LOKAL DI KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PADA MATERI KONSEP SUHU, PEMUAIAN DAN KALOR. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL .pdf

Download (847Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (511Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK ANALISIS SUMBER BELAJAR IPA BERMUATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) YANG BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PADA MATERI KONSEP SUHU, PEMUAIAN DAN KALOR Oleh Rudi Juliyanto Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja kearifan lokal yang ada di Kecamatan Jati Agung dan menganalisis kesesuaian antara sumber belajar IPA bermuatan STEM yang berbasis kearifan lokal di Kecamatan Jati Agung dengan Kompetensi Dasar IPA SMP kurikulum 2013. Kompetensi Dasar yang dimaksud adalah 3.4 kelas VIII, yaitu Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan dan 4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor. Subyek dalam penelitian ini yaitu, tokoh adat, masyarakat setempat, serta pendidik IPA di SMP Negeri 2 Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Teknik pengumpuan data pada penelitian ini berupa wawancara, angket, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kearifan lokal yang ada di Kecamatan Jati Agung, yaitu engkak dan sekubal yang sesuai dengan Kompetensi Dasar 3.4/4.4, serta kearifan lokal engkak dan sekubal layak untuk dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi konsep suhu, pemuaian dan kalor. Kata kunci : Sumber belajar, kearifan lokal, STEM. ABSTRACT ANALYSIS OF STEM LEARNING SOURCES WITH STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) BASED ON LOCAL WISDOM IN JATI AGUNG DISTRICT, LAMPUNG SELATAN REGENCY ON TEMPERATURE, EXPLANATION AND HEAT CONCEPT MATERIALS By Rudi Juliyanto This study aims to analyze what local wisdom exists in Jati Agung District and analyze the suitability between STEM-based science learning resources based on local wisdom in Jati Agung District and the 2013 Junior High School Science Basic Competencies. The basic competencies in question are 3.4 class VIII, namely Analyzing the concepts of temperature, expansion, heat, heat transfer, and their application in everyday life, including the mechanism for maintaining a stable body temperature in humans and animals and 4.4 Conducting experiments to investigate the effect of heat on the temperature and shape of objects as well as heat transfer. The subjects in this study were traditional leaders, local communities, and science educators at SMP Negeri 2 Jati Agung, South Lampung Regency. Data collection techniques in this study were in the form of interviews, questionnaires, and documentation with data analysis techniques using triangulation. The results of this study indicate that there is local wisdom in Jati Agung District, namely engkak and sekubal which are in accordance with Basic Competence 3.4/4.4, as well as local wisdom of engkak and sekubal that are suitable to be used as science learning resources containing STEM on temperature concept material, expansion and heat. Keywords: Learning resources, local wisdom, STEM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2203807982 . Digilib
Date Deposited: 24 May 2022 03:51
Terakhir diubah: 24 May 2022 03:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61692

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir