TINDAK ILOKUSI PADA DIALOG TOKOH FILM KELUARGA CEMARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

NOVITA MAHARANI , 1813041029 (2022) TINDAK ILOKUSI PADA DIALOG TOKOH FILM KELUARGA CEMARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI NOVITA MAHARANI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1916Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI NOVITA MAHARANI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1618Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK TINDAK ILOKUSI PADA DIALOG TOKOH FILM KELUARGA CEMARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Oleh NOVITA MAHARANI Fokus penelitian ini adalah tindak ilokusi dalam dialog film Keluarga Cemara dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas (SMA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tindak ilokusi yang terdapat dalam film Keluarga Cemara dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa film Keluarga Cemara yang tayang pada 3 Januari 2019 dengan durasi film 110 menit. Data dalam penelitian ini berupa dialog yang dituturkan oleh tokoh pada film Keluarga Cemara yang berkaitan dengan jenis tindak ilokusi. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan dilanjutkan dengan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat jenis tindak ilokusi pada dialog film Keluarga Cemara yang terdiri atas tindak tutur asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Tindak ilokusi tersebut dituturkan baik secara langsung maupun secara tidak langsung menggunakan modus tuturan deklaratif (berita), imperatif (perintah), dan interogatif (bertanya). Tindak ilokusi yang mendominasi adalah tindak ilokusi direktif. Bentuk tuturan yang mendominasi adalah tindak tutur langsung. Penelitian ini diimplikasikan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas (SMA) kelas XI mengenai teks drama. Kata kunci : pragmatik, tindak tutur, ilokusi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
800 Kesusastraan, retorika, dan kritikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2203617878 . Digilib
Date Deposited: 25 May 2022 02:28
Terakhir diubah: 25 May 2022 02:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61772

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir