PERILAKU PEMILIHAN ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH TINGKAT PROVINSI: PERSPEKTIF KUALITAS HUBUNGAN TRIADIK

Finny Ligery, 1931041001 (2022) PERILAKU PEMILIHAN ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH TINGKAT PROVINSI: PERSPEKTIF KUALITAS HUBUNGAN TRIADIK. [Disertasi]

[img]
Preview
File PDF
FINNY LIGERY-1931041001-ABSTRAK.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img] File PDF
FINNY LIGERY-1931041001-FULL DISERTASI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3989Kb)
[img]
Preview
File PDF
FINNY LIGERY-1931041001-DISERTASI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1756Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap dapat berdampak pada niat untuk berperilaku yang disebabkan oleh faktor kualitas hubungan triadik dan kepercayaan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling pada masyarakat yang telah memiliki hak pilih sebanyak 342 responden, politisi yang menduduki jabatan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebanyak 190 responden, dan anggota partai politik sebanyak 275 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebagai entitas pertama kali membangun hubungan pada rakyat. Hasil Structural Equation Modeling menunjukkan bahwa kualitas hubungan triadik berpengaruh positif signifikan terhadap sikap dan kepercayaan, tetapi nilai estimasi pada sikap lebih tinggi daripada kepercayaan. Artinya masih terdapat pengukuran yang belum dilaksanakan dengan baik pada variabel kepercayaan dalam hal prioritas kepentingan umum yang dilakukan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Selanjutnya, kepercayaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap sikap yang juga berefek pada niat untuk memilih. Temuan lainnya adalah brand personality memperkuat pengaruh sikap pemilih terhadap niat memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Entitas utama dalam membangun kualitas hubungan berasal dari peran partai untuk mendorong anggotanya untuk memiliki kepribadian terbaik dalam hal integritas yaitu jujur, dapat dipercaya, dan kepribadian tulus sehingga dapat diintegrasikan oleh anggota kepada pemilih yang akan memperkuat kualitas hubungan triadik. Oleh karena itu, kebaruan penelitian ini adalah kualitas hubungan “Triadik” dalam konteks B2C-C dan peran moderasi brand personality dalam pengaruh sikap terhadap niat untuk berperilaku.

Jenis Karya Akhir: Disertasi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Pascasarjana
Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Pascasarjana
Pengguna Deposit: 2203367521 . Digilib
Date Deposited: 25 May 2022 06:11
Terakhir diubah: 25 May 2022 06:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61776

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir