PEMANFAATAN APLIKASI FILMORAGO DALAM PEMBELAJARAN DRAMA DI KELAS XI SMA

ANDIKA PUTRI, 1723041015 (2021) PEMANFAATAN APLIKASI FILMORAGO DALAM PEMBELAJARAN DRAMA DI KELAS XI SMA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Andika Putri.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Andika Putri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2018Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Andika Putri.pdf

Download (2019Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi FilmoraGo sebagai media pembelajaran serta kelayakannya yang akan digunakan pada pembelajaran drama di kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode ekploratif dengan memanfaatkan model Assure. Prosedurnya terdiri atas enam langkah prosedur penelitian. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada dua sekolah di Kota Bandar Lampung, yaitu SMA N 15 dan SMA S Taman Siswa pada tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aplikasi filmoraGo dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran drama di SMAN 15 Bandar Lampung dan SMAS Taman Siswa; (2) aplikasi filmoraGo sangat efektif serta praktis apabila dijadikan media penunjang dalam pembelajaran drama; (2) aplikasi filmoraGo layak digunakan untuk membantu guru dalam melakukan pembelajaran drama di kelas XI SMA dengan nilai kelayakan dari dua guru pada dua sekolah penelitian 84% dan 60 peserta didik dari dua sekolah 93%. Kata Kunci: media, pembelajaran drama, dan filmoraGo. ABSTRACT UTILIZATION OF THE FILMORAGO APPLICATION IN DRAMA LEARNING IN CLASS XI SMA By AndikaPutri The purpose of this study is to describe the use of the filmoraGo application as a learning medium and its feasibility to be used in drama learning in class XI. This research uses exploratory method by utilizing the assure model. The procedure consists of a six step research procedure. The implementation of this research was carried out at two schools in the city of Bandar Lampung, namely SMA N 15 Bandar Lampung and SMA S Taman Siswa in the academic year 2019/2020. Data collection in this study was carried out by means of documentation, observation, questionnaires, and interviews. The results in this study indicate that (1) the filmoraGo application is very effective and practical when used as a supporting media in drama learning; (2) the results of the feasibility of using the filmoraGo application are suitable to be used to assist teachers in conducting drama learning in class XI high school with a feasibility score of two teachers at two research schools 84% and 60 students from two schools 93%. Keywords: media, drama learning, and filmoraGo.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian > 770 Seni fotografi, komputer, film, video
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 27 May 2022 08:20
Terakhir diubah: 27 May 2022 08:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/61953

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir