PENGARUH UKURAN PARTIKEL GRAFIT TERHADAP KETAHANAN AUS KOMPOSIT FLY ASH/ PHENOLIC

MUHAMMAD IRVAN RAMADHAN, 1515021073 (2021) PENGARUH UKURAN PARTIKEL GRAFIT TERHADAP KETAHANAN AUS KOMPOSIT FLY ASH/ PHENOLIC. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Kak Dan (8).pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Kak Dan (10).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Kak Dan (9).pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Composite is a material that can meet human needs in accordance with the desired material properties. Composite materials can be of various kinds, one of which is graphite which is commonly used for solid lubricants in composites. In this study, the manufacture of fly ash/phenolic brake lining composites with variations in graphite particle size was carried out to determine the effect of graphite particle size on composite wear. This study uses a variation of the graphite particle size of 56 μm, 100 μm, 150 μm. The fly ash/phenolic composite used is a particle composite with 25% fly ash as a reinforcement, 60% phenolic resin as a matrix, 10% barium sulfate as a filler, and 5% graphite as a solid lubricant. The process of making this composite using the hot pressing method with an emphasis of 60 MPa and a heating temperature of 200 oC, and curing at a temperature of 150 oC for 4 hours. In the fly ash/phenolic composite wear test, the graphite particle size of 150 μm has the best wear resistance value with a specific abrasion value of 7.69 x 10-6 mm3 /mm. the other composite materials are the same as in the SEM photo observations. The graphite particle size of 56 μm got the lowest wear resistance value with a specific abrasion value of 11.92 x 10-6 mm3 /mm, where in the SEM photo observations there were many lumps on the graphite particles so that they were not evenly distributed and the surface looked rough and resulted in reduced wear resistance values. fly ash/phenolic composites. Keywords: Composite particles, brake linings, graphite, fly ash/phenolic, hot pressing, wear, SEM. Komposit merupakan material yang dapat memenuhi kebutuhan manusia sesuai dengan sifat material yang diinginkan. Bahan penyusun komposit dapat berbagai macam bahan yang salah satunya adalah grafit yang biasa digunakan untuk pelumas padat pada komposit. Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan komposit kampas rem fly ash/ phenolic dengan variasi ukuran partikel grafit untuk mengetahui pengaruh ukuran partikel grafit terhadap keausan komposit. Penelitian ini menggunakan variasi ukuran partikel grafit sebesar 56 μm, 100 μm, 150 μm. Komposit fly ash/ phenolic yang digunakan merupakan komposit partikel dengan bahan penyusun berupa fly ash 25% sebagai penguat, resin phenolic 60% sebagai pengikat, barium sulfat 10% sebagai pengisi, dan grafit 5% sebagai pelumas padat. Proses pembuatan komposit ini menggunakan metode hot pressing dengan penekanan sebesar 60 MPa dan temperatur pemanasan 200 oC, serta dilakukan curing dengan temperatur 150 oC selama 4 jam. Pada uji keausan komposit fly ash/ phenolic, ukuran partikel grafit sebesar 150 μm memiliki nilai ketahanan aus terbaik dengan nilai spesifik abrasi 7.69 x 10-6 mm3 /mm., kesesuaian ukuran partikel grafit yang membuatnya dapat terdistribusi secara merata dan dapat terikat dengan baik pada bahan penyusun komposit lainnya sama seperti pada pengamatan foto SEM. Ukuran partikel grafit 56 μm mendapat nilai ketahanan aus terendah dengan nilai spesifik abrasi 11.92 x 10-6 mm3 /mm, dimana pada pengamatan foto SEM banyak terdapat gumpalan pada partikel grafit sehingga tidak terdistribusi secara merata serta permukaannya yang terlihat kasar dan mengakibatkan berkurangnya nilai ketahanan aus komposit fly ash/ phenolic. Kata kunci: Komposit partikel, kampas rem, grafit, fly ash/ phenolic, hot pressing, keausan, SEM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 30 May 2022 07:16
Terakhir diubah: 30 May 2022 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62117

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir