PENGEMBANGAN LKPD MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK

LISMAWATI, 1723025022 (2021) PENGEMBANGAN LKPD MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA BERORIENTASI PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Tesis_Lismawati_1723025022 - Lisma wati.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
Full_Tesis_Tanpa Lampiran_1723025022_Lismawati - Lisma wati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2434Kb)
[img]
Preview
File PDF
Full_Tesis_Tanpa Bab Pembahasan_1723025022_Lismawati - Lisma wati.pdf

Download (1284Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berargumentasi peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain penelitian 4D meliputi empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Tahap pengembangan (develop) uji coba terbatas dilakukan pada 20 siswa kelas IX di SMP 9 Krui Pesisir Barat. Tahap Penyebaran (disseminate) uji coba luas dilakukan pada 50 peserta didik kelas IX di SMP 9 Krui Pesisir Barat dipilih secara purposive sampling terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas kontrol secara konvensional (diskusi) dengan menggunakan LKPD dari penerbit tertentu, dan kelas eksperimen menggunakan LKPD hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD model ADI yang berorientasi pada peningkatan keterampilan argumentasi dinyatakan valid ditinjau dari aspek isi, konstruksi dan bahasa dengan rata-rata 92,3% berkriteria sangat tinggi. Kepraktisan LKPD model ADI ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa rata-rata persentase sebesar 91,02% dengan interpretasi hampir seluruh aktivitas terlaksana, respon peserta didik sebesar 88,37% dan respon guru sebesar 88,33% dengan kategori sangat tinggi. Kefektifan LKPD model ADI ditinjau dari kemampuan siswa mengerjakan soal-soal tes keterampilan argumentasi menunjukkan hasil nilai n-gain kelas kontrol sebesar 0.27 dengan kriteria rendah dan kelas eksperimen sebesar 0.57 dengan kriteria sedang. Hasil effect size sebesar 0,64 dengan kriteria sedang. Keywords: LKPD, Argument Driven Inquiry, and Argumentation Skills This study aims to develop valid, practical and effective student worksheets in improving students' argumentation skills. This development research uses a 4D research design including four stages, namely define, design, develop and disseminate. The development phase (develop) of limited trials was carried out on 20 grade IX students at SMP 9 Krui Pesisir Barat. The dissemination stage of the broad trial was carried out on 50 class IX students at SMP 9 Krui Pesisir Barat selected by purposive sampling consisting of one class as the experimental class and one class as the control class. Learning in the control class conventionally (discussion) using LKPD from certain publishers, and the experimental class using the developed LKPD. The results showed that the ADI model LKPD to improve argumentation skills was declared valid in terms of content, construction and language aspects with an average of 92.3% with very high criteria. The practicality of the ADI model LKPD in terms of the implementation of learning shows that the average percentage is 91.02% with the interpretation of almost all activities carried out, the students' response is 88.37% and the teacher's response is 88.33% with a very high category. The effectiveness of the ADI model LKPD in terms of the argumentation skills test shows the results of the n-gain value of the control class of 0.27 with low criteria and the experimental class of 0.57 with moderate criteria. The result of the effect size is 0.64 with moderate criteria. Keywords: Worksheets, Argument Driven Inquiry, and Argumentation Skills.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 31 May 2022 03:22
Terakhir diubah: 31 May 2022 03:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62246

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir