IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Negeri Satu Atap)

Rama Karo Karo, 1923012025 (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Negeri Satu Atap). Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Rama Karo Karo (1).pdf

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL THESIS - Rama Karo Karo (1).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2477Kb)
[img]
Preview
File PDF
FULL THESIS TANPA PEMBAHASAN - Rama Karo Karo (1).pdf

Download (2001Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan prinsip: otonomi, flesksibilitas, partisipasi, mutu serta akuntabilitas dalam manajemen berbasis sekolah di SMPN Satu Atap 2 Jati Agung Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumen. Sumber data dari penelitian ini berjumlah enam orang dengan key informan satu kepala sekolah dan informan satu wakil kepala sekolah, satu waka kurukulum dan satu guru, Hasil penelitian didapat: (1) Otonomi Manajemen Berbasis Sekolah di SMPN Satu Atap 2 Jati Agung meliputi perumusan tujuan, pengambilan keputusan, keterlibatan pihak sekolah. (2) Fleksibilitas Manajemen Berbasis Sekolah di SMPN Satu Atap 2 Jati Agung dengan melibatkan kepala sekolah, guru, staff tata usaha, komite sekolah, waka kurikulum dan siswa untuk lebih memperhatikan pendidikan. (3) Partisipasi dalam meningkatkan efisiensi, mengelola sumber daya dan partisipasi masyarakat (4) Mutu ditunjang oleh evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa (5) Akuntabilitas dalam terciptanya kinerja sekolah sebagai salah satu syarat terciptanya sekolah yang baik dan terpercaya Kata kunci: Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Prinsip-prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) The purpose of this study is to analyze and describe principle of: autonomy, flexibility, participation, quality and accountability in school-based management at SMPN Satu Atap 2 Jati Agung Lampung Selatan. The method used in this study is qualitative. Data collection techniques use in-depth interviews, participant observations and document studies. The data sources of this study are six people with key informants one principal and informants one principal representatives, and one teachers, one curriculum representative. Research results obtained (1) Autonomy of School-Based Management in SMPN Satu Atap 2 Jati Agung consist of the formulation of goals, decision making, involvement of the school. (2) Flexibility of School-Based Management in SMPN Satu Atap 2 Jati Agung is done by involving principals, teachers, administrative staff, school committees, waka curriculum and students to pay more attention to education. (3) Participation of stakeholders is inteded to improve efficiency, managing resources and community participation (4) Quality is supported by evaluation to find out student learning outcomes (5) Accountability is carried out to create school performance as one of the conditions for the creation of a good and reliable school Keywords: School-Based Management (SBM), School-Based Management (SBM) Principles

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 31 May 2022 03:47
Terakhir diubah: 31 May 2022 03:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62259

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir