PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SD

Dian Permata Sari, 1413053035 (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Dian Permata S.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Dian Permata S.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2598Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Dian Permata S.pdf

Download (2626Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik kelas V masih rendah di bawah kriteria ketuntasan minimum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto korelasi. Populasi terdiri atas 60 peserta didik di kelas V SDN 1 Kota Karang. Pengumpulan data menggunakan angket tentang kemandirian belajar dan dokumentasi tentang nilai hasil belajar ujian tengah semester. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Teknik analisis data adalah kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik kelas V SD. Kata kunci: hasil belajar, kemandirian belajar, pengaruh. The problem in this study is that the learning outcomes of students in the thematic subjects of class V are still low below the minimum completeness criteria. The purpose of this study was to determine the effect of independent learning on the learning outcomes of students in fifth grade elementary school. This type of research is quantitative research with ex post facto correlation method. The population consists of 60 students in class V SDN 1 Karang City. Collecting data using a questionnaire about learning independence and documentation about the value of learning outcomes for the midterm exam. Data analysis using simple linear regression test. The data analysis technique is quantitative. The results of data analysis concluded that there was an influence of independent learning on student learning outcomes in thematic subjects of fifth grade elementary school. Keywords: learning outcomes, learning independence, effect.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 31 May 2022 07:28
Terakhir diubah: 31 May 2022 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62296

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir