Fransiskus Krista Ari Wardhana, 1413034021 (2021) STUDI KOMPARATIF METODE PENUGASAN DAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP FRANSISKUS TANJUNG KARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Atalah Printing (30).pdf Download (29Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Atalah Printing (28).pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Atalah Printing (27).pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Peneitian ini bertujuan untuk mencari perbedaan hasil belajar siswa antara dua metode belajar yaitu metode penugasan dan metode ceramah pada mata pelajaran IPS di SMP Fransiskus Tanjungkarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Data dikumpulkan melalui pengamatan, dokumentasi, dan tes secara tertulis.. Analisis data menggunakan uji statistik. Variabel dalam penelitian ini adalah metode penugasan dan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode penugasan dengan sisiwa yang menggunakan metode ceramah pada pelajaran IPS kelas VIII di SMP Fransiskus Tanjungkarang Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa nilai thitung = 3,998 lebih besar dati ttabel = 2,002 yang berarti ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan metode penugasan dan metode ceramah yang menunjukan bahwa penggunaan metode penugasan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dari penggunaan metode ceramah. Kata kunci : Metode penugasan, metode ceramah, hasil belajar, mata pelajaran IPS This research aims to look for differences in student learning outcomes between the two learning methods namely the assignment method and the lecture method in social studies subjects at Fransiskus Tanjungkarang Junior High School. This research is a quantitative study with a total sample of 60 student. Data is collected through observations, documentation, and written tests. Data analysis uses statistical tests. The variables in this study are the assignment method and lecture method on student learning outcomes. The results of this study are there are differences in student learning outcomes using the assignment method and students who use the lecture method in class VIII social studies at Fransiskus Tanjungkarang Junior High School School Academic Year 2018/2019. Based on hypothesis testing it is known that the value of tcount = 3.998 is greater than ttable = 2.002 which means there is a significant difference in learning outcomes between the use of the assignment method and the lecture method which shows that the use of the assignment method gets better learning outcomes than the use of the lecture method. Keywords: Assignment method, lecture method, learning outcomes, social studies subjects
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Rukiah |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 03:47 |
Terakhir diubah: | 02 Jun 2022 03:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62360 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |