HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SEGUGUS R.A KARTINI KECAMATAN METRO TIMUR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Yuni Meilisa, 1713053045 (2021) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SEGUGUS R.A KARTINI KECAMATAN METRO TIMUR PADA MASA PANDEMI COVID-19. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Yuni Meilisa.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI YUNI MEILISA - Yuni Meilisa.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1893Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Yuni Meilisa.pdf

Download (1644Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD negeri Segugus R.A Kartini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan disiplin belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu ex-post facto korelasi. Populasi penelitian berjumlah 181 orang peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu proporsionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan kondisi sosial ekonomi orang tua dengan hasil belajar ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,704 dan kontribusi sebesar 49,56% berada pada taraf “kuat”. Kata kunci : hasil belajar, disiplin belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua. The problem of this research was the low thematic learning outcomes in fourth grade student of elementary school of R.A Kartini Cluster. The purpose of this study was to describe and analyze the correlation of discipline in learning and parental socioeconomic condition with learning outcomes. The type of the study is ex-post facto correlation. The study population numbered 181 students. Determination of the sample using probability sampling techniques, namely proporsionate stratified random sampling. Data collection techniques using observation, questionnaires and documentation study. Data analysis using product moment correlation and multiple correlation. The result showed that there was a positive and significant correlation between discipline in learning and parental socioeconomic condition with learning result indicated by a correlation coefficient off 0,704 and a contribution of 49,56% at the “high” level. Keywords : learning outcomes, learning discipline, parental sosioecomic condition

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:10
Terakhir diubah: 03 Jun 2022 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62503

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir