Nia Asniati, 1713043010 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - nia asniati.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
File PDF
Skripsi Full - nia asniati.pdf Restricted to Hanya staf Download (1123Kb) |
||
|
File PDF
Skripsi Tanpa BAB Pembahasan - nia asniati.pdf Download (810Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran tari Bedana yang dilakukan pada siswa/i tunarungu di SLB Negeri Metro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan data yang di peroleh di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari teknik pengumpulan data, analisis data dan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi ekspositori. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode demonstrasi, metode ceramah dan metode tutor sebaya. Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menggunakan strstegi ekspositori, meliputi 1) menyiapkan materi; 2) menjelaskan materi; 3) menyampaikan tujuan dari pembelajaran. Hasil pembelajaran tari Bedana pada siswa tunarungu ini menunjukan bahwa dari keempat siswa tersebut mengalami peningkatan dalam memahami materi yang diberikan dengan menggunakan strategi ekspositori dan dengan penerapan metode yang dilakukan secara bertahap dan berulang-ulang. Kata kunci: Siswa Tunarungu, Strategi Pembelajaran, Tari Bedana The purpose of this study is to describe the teacher's strategy in Bedana dance learning conducted on deaf students in SLB Negeri Metro. The research method used is a qualitative research method that describes the data obtained in the field. The data sources in this study are from data collection techniques, data analysis and research results. The results showed that the learning strategy used is an expository strategy. The learning methods used are demonstration methods, lecture methods and peer tutor methods. The steps taken by the teacher in using the expository strstegi, including 1) preparing the material; 2) explain the material; 3) Convey the purpose of learning. Bedana dance learning results in deaf students showed that of the four students experienced an improvement in understanding the material provided using expository strategies and with the application of methods that were carried out gradually and repeatedly. Keywords: Deaf students, Learning strategies, bedana dance
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 700 Seni, seni rupa, kesenian |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | UPT . Rukiah |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 04:05 |
Terakhir diubah: | 03 Jun 2022 04:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62508 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |