NURUL PRATIWI, 1813053003 (2022) Hubungan Intensitas Bimbingan Orang Tua dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf Download (377Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL .pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1671Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1538Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal, faktor eksternal (intensitas bimbingan orang tua) yaitu kurangnya pemahaman orang tua terhadap perkembangan dan pendidikan peserta didik, kurangnya bimbingan orang tua terhadap kegiatan belajar peserta didik, dan faktor internal (disiplin belajar) yaitu kurangnya kesadaran peserta didik tentang disiplin dalam belajar dan rendahnya kesadaran peserta didik dalam mengumpulkan tugas tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas bimbingan orang tua dan disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV. Metode penelitian ini adalah ex-post facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 95 orang peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 95 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas bimbingan orang tua dan disiplin belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,696 berada pada taraf “kuat”. Kata kunci: disiplin belajar, hasil belajar, intensitas bimbingan orang tua ABSTRACT The problem of this study was the low learning outcomes of grade IV students at SD Negeri Wahidin Sudiro Husodo Metro Barat District which is influenced by several factors, namely external factors and internal factors, external factors (intensity of parental guidance) namely the lack of understanding of parents on development and education students, lack of parental guidance on student learning activities, and internal factors (learning discipline), namely the lack of awareness of students about discipline in learning and low awareness of students in collecting assignments on time. This study aims to determine the relationship between the intensity of parental guidance and learning discipline with the learning outcomes of grade IV students. This research is ex-post facto correlation. The population in this study amounted to 95 students and the research sample amounted to 95 students. The data collection techniques used were observation, interviews, questionnaires, and documentation studies. The data collection instrument is a questionnaire with a Likert scale that has been tested for validity and reliability. The results showed that there was a positive and significant relationship between the intensity of parental guidance and learning discipline with learning outcomes with a correlation coefficient of 0.696 at the "strong" level. Keywords : intensity of parental guidance, learning discipline, learning outcomes
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 100 Filsafat dan psikologi > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2203413996 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 04:20 |
Terakhir diubah: | 03 Jun 2022 04:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62512 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |