NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TARI KHUDAD PADA ARAK-ARAKAN KERATUAN DARAH PUTIH

DAHLIA SAPITRI, 1813043013 (2022) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TARI KHUDAD PADA ARAK-ARAKAN KERATUAN DARAH PUTIH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3988Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3101Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam tari Khudad pada arak-arakan Keratuan Darah Putih. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan fakta-fakta di lapangan, dari sumber data primer dan sekunder yang didapatkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan data. Teori yang digunakan yaitu teori pendidikan karakter dari Thomas Lickona yang didasari oleh 18 nilai pendidikan karakter menurut Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya 10 nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam arak-arakan Keratuan Darah Putih antara lain: religius (terlihat pada busana, gerak, syair dan penari), toleransi (terlihat dari penari), disiplin (terlihat pada gerak, dan penari), kerja keras (terlihat dari gerak, dan penari), kreatif (terlihat pada gerak dan kostum), cinta tanah air (terlihat dari gerak dan kostum), bersahabat/komunikatif (terlihat dari penari), peduli sosial dan lingkungan (terlihat dalam diri penari), dan tanggung jawab (terlihat dalam gerak dan diri penari). Kata kunci: Pendidikan karakter, Tari Khudad, Arak-arakan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2203162582 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:14
Terakhir diubah: 07 Jun 2022 06:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62682

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir