ANALISIS SUMBER BELAJAR IPA BERMUATAN STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) YANG BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN PRINGSEWU PADA MATERI TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN

HALIMATUS SA'DIYAH, 1713024049 (2022) ANALISIS SUMBER BELAJAR IPA BERMUATAN STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) YANG BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN PRINGSEWU PADA MATERI TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1703Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1220Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kearifan lokal masyarakat di Kabupaten Pringsewu yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPA bermuatan STEM yang berbasis kearifan lokal di Kabupaten Pringsewu pada materi teknologi ramah lingkungan. Subyek dalam penelitian ini yaitu, tokoh adat, masyarakat setempat, serta pendidik IPA di SMP Negeri 3 Gading Rejo dan SMP Muhammadiyah 1 Gading Rejo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa studi kepustakaan dan studi lapangan dari hasil wawancara, angket, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan triangulasi. Desain penelitian yang digunakan berupa data kualitatif dari hasil wawancara dan identifikasi kearifan lokal di Kabupaten Pringsewu yang sesuai dengan Kompetensi Dasar IPA SMP dan dapat digunakan sebagai sumber berlajar IPA bermuatan STEM. Data kuantitatif diperoleh dari hasil perhitungan angket kesesuaian kearifan lokal dengan Kompetensi Dasar IPA SMP dan kelayakan kearifan lokal sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi teknologi ramah lingkungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kearifan lokal Pringsewu yang dapat dijadikan sebagai produk teknologi ramah lingkungan berbasis kearifan lokal berupa gethek dan hidroponik bambu sesuai dengan Kompetensi Dasar 3.10/4.10, serta kearifan lokal gethek dan hidroponik bambu layak untuk dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi teknologi ramah lingkungan. Kata kunci: Sumber belajar IPA, STEM, Kearifan lokal, Teknologi Ramah Lingkungan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2203924200 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:27
Terakhir diubah: 09 Jun 2022 06:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62688

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir